Jumat, 28 Oktober 2011 0 komentar

Essay Kepemimpinan


Kepemimpinan berasal dari kata “Pimpin” yang berarti tuntun, bina atau bimbing. Pimpin dapat pula berarti menunjukan jalan yang baik atau benar, tetapi dapat pula berarti mengepalai pekerjaan atau kegiatan. Dengan demikian, kepemimpinan adalah hal yang berhubungan dengan proses menggerakkan, memberikan tuntutan, binaan dan bimbingan, menunjukkan jalan, memberi keteladanan, mengambil resiko, mempengaruhi dan meyakinkan pihak lain, atau suatu proses mempengaruhi aktivitas orag lain atau sekelompok orang untuk bekerjasama mencapai tujuan tertentu.

Kepemimpinan diri sendiri juga sangat berkaitan dengan penegakkan disiplin atas diri sendiri. Tidak semua orang bisa mendisiplinkan diri sendiri. Karena dengan mendisiplinkan diri sendiri berarti harus berani mengakui kesalahan diri sendiri. Pada dasarnya orang akan lebih mudah mencari kesalahan orang lain, tetapi kesalahan diri sendiri selalu ditutup-tutupi. Ujung-ujungnya berusaha mencari pembenaran agar lebih mudah memaafkan kesalahan diri sendiri. Padahal hanya dengan memaafkan kesalahan tanpa melakukan perubahan sebagai bentuk penghukuman tidak akan merubah sesuatu menjadi lebih baik. Dan ketika seseorang sudah dapat memimpin diri sendiri, berarti dirinya telah dapat mengembangkan kemampuan untuk mengelola hubungan dengan orang lain.

Salah satu manfaat yang diperoleh dari keberhasilan memimpin diri sendiri adalah munculnya keberanian untuk memiliki mimpi yang besar, berani melangkah, dan berani untuk menghadapi segala risiko yang akan menghadang. Memang tidak ada salahnya bagi seseorang memiliki mimpi dan berusaha untuk mewujudkan mimpinya, hanya untuk meraih keberhasilan dan kebahagiaan. Tetapi seringkali yang ada adalah orang yang mencapai keberhasilan, tetapi sebagian besar diperoleh dengan memendam rasa takut kehilangan apa yang telah dicapai sekarang dan apa yang akan dicapainya di masa mendatang. Memang rasa ketakutan dapat memotivasi seseorang untuk meningkatkan kinerjanya, tetapi hal itu tidak akan dapat berlangsung lama. Pada suatu saat seseorang juga akan merasakan kejenuhan. Oleh sebab itu, agar dapat mencapai kinerja puncak yang berkelanjutan, pelajari dan ubah motivasi dari takut kehilangan menjadi senang mengerjakan sesuatu.
Jadi kepemimpinan lebih baik jika dimulai dari diri sendiri. Memang hal itu tidaklah mudah tetapi kita harus mengupayakannya. Dengan keberhasilan memimpin diri sendiri sekaligus dapat mengatasi rintangan dalam memimpin diri sendiri akan membuka jalan bagi keberhasilan dalam kepemimpinan-kepemimpinan lainnya yang melibatkan orang lain.
Fungsi kepemimpinan adalah menggerakkan orang yang dipimpin menuju tercapainya tujuan. Agar dapat menanamkan kepercayaan pada orang yang dipimpinnya dan menyadarkan bahwa mereka mampu berbuat sesuatu dengan baik. Disamping itu, pemimpin harus memiliki pikiran, tenaga dan kepribadian yang dapat menimbulkan kegiatan dalam hubungan antar manusia.


Seorang pemimpin yang baik, harus memiliki persyaratan yang dapat di kelompokkan menjadi tiga, yaitu sifat, sikap/perilaku dan kemampuan.
1. Sifat
Sifat-sifat yang harus dimiliki seorang pemimpin pada umumnya ialah bijaksana, cerdas, rasional, tegas, adil, kritis, jujur, sabar, bertanggung jawab dan sebagainya.
2. Sikap/Perilaku
Disamping itu, pemimpin yang baik perlu juga menentukan/memilih sikap atau perilaku yang sesuai dengan keadaan,
Dalam pandangan beliau Nabi Muhammad SAW  dapat dijadikan sebagai saritauladan bagi kita. Nabi adalah sosok manusia yang memiliki sikap kesabaran dan istiqamah yang kuat. Melalui dua sikap ini, nabi mampu membangun masyarakat Makkah dan Madinah yang pada saat itu masih dalam keterpurukan. Budaya jahiliyah berkembang dengan kuatnya. Perempuan dianggap sebagai mahluk yang tak berharga. Egaliterianisme dan emansipasi di tingkat masyarakat tidak terjewantahkan.

Namun melalui kegigihan Nabi, serta tekad yang kuat tanpa mengenal putus asa, akhirnya sanggup merubah semua itu. Egaliterianisme diberlakukan. Tidak ada yang membedakan antara miskin dan kaya, laki-laki dan perempuan. Yang membedakan hanyalah kadar kualitas ketaqwaanyadihadapan Allah SWT.

Itulah kesuksesan Nabi sebagai sosok seorang pemimpin yang mampu mengubah kondisi masyarakat menuju tingkat kesejahteraan, dan berkeadilan sosial. Karena bagimana pun juga, kehidupan bermasyarakat adalkah prioritas dalam Islam. Seperti yang dikatakan oleh KH Ali Yafie, ciri utama manusia menurut Islam adalah hidup bermasyarakat, yakni hidup yang diselenggarakan bersama seperti yang diungkapkan oleh Allah dalam Al-Qur’an, “Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kalian dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, dan kami menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kalian saling mengenal. (QS Al-Hujarat: 3)


Teori kepemimpinan
a. Teori sifat kepemimpinan
Teori ini mengatakan bahwa seseorang itu dilahirkan membawa atau tidak membawa sifat-sifat yang diperlukan bagi pimpinan atau tidak membawa sifat-sifat yang diperlukan bagi pimpinan atau dengan individu yang lahir telah membawa ciri-ciri tertentu yang memungkinkan dia menjadi seorang pemimpin.
b. Teori Path – Goal
Teori ini merupakan pengembangan yang wajar sebab kepemimpinan erat hubungannya dengan motivasi di satu pihak dan kekuasaan di pihak lain. Teori Path – Goal ini menganalisa pengaruh kepemimpinan terhadap motivasi bawahan, kepuasan dan pelaksanaan kerja.
c. Teori sifat
Teori ini merupakan analisa ilmiah tentang kepemimpinan, dimiliki dengan memusatkan perhatian pada pemimpin itu sendiri. Ada beberapa faktor yang bisa diteliti dari kepemimpinan yaitu: kecerdasan, perasaan humor, kejujuran, simpati, dan percaya diri.
d. Teori kelompok
Teori beranggapan bahwa kelompok bisa mencapai tujuannya dengan melalui pertukaran positif antara pimpinan dan bawahan.
2. Pendekatan kepemimpinan
Berbagai studi tentang kepemimpinan mengelompokkan pendekatan kepemimpinan menjadi tiga pendekatan yaitu :
a. Pendekatan atas traits
Yaitu pendekatan berdasarkan sifat, perangai atau kualitas yang diperlukan seseorang untuk menjadi pimpinan.
b. Pendekatan behavior (perilaku)
Yaitu pendekatan yang mempelajari perilaku yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang efektif.
c. Pendekatan contingency
Yaitu pendekatan berdasarkan atas faktor-faktor situasional, untuk menentukan gaya kepemimpinan efektif.


No Response to "Essay Kepemimpinan"

Posting Komentar